Rabu, 11 Juli 2012

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Klinik 014


Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Klinik 014

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Dengan penerapan pendekatan jaminan mutu layanan kesehatan, kepuasan pasien menjadi bagian integral dan menyeluruh dari kegiatan jaminan mutu layanan kesehatan. Artinya pengukuran tingkat kepuasan pasien harus menjadi kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pengukuran mutu layanan kesehatan. Penelitian ini berifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di klinik Hariantary Medan Helvetia. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental, yaitu sampel terpilih adalah setiap pasien rawat inap yang dijumpai peneliti diklinik Hariantary Medan. Berdasarkan Pelayanan kesehatan yang diselenggarakan pihak Klinik Hariantari Medan Helvetia, sebanyak 22 responden (51,2%) menyatakan sangat baik atas pelayanan dokter. Begitu juga pada pelayanan perawat, sebanyak 24 responden (55,8%) mengkategorikan baik. Pada pelayanan administrasi, sebanyak 24 responden (55,8%) menyatakan baik. Ketersediaan sarana dan prasarana baik sarana penunjang medis maupun non medis, sebanyak 38 responden (88,4%) menyatakan baik. Di lihat dari kondisi lingkungan fisik, sebanyak 32 responden (74,4%) menyatakan sangat baik atas kebersihan, kenyamanan dan ketetentraman serta keamanan lingkungan Klinik Hariantary Medan Helvetia. Berdasarkan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan, sebanyak 34 responden (79,1%) menyatakan sangat puas dan 9 responden (20,9%) menyatakan puas atas pelayanan kesehatan yang diperoleh dari Klinik Hariantary Medan Helvetia.Berdasarkan hasil analisa uji statistik Chisquare, ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dokter (p= 0,001), pelayanan perawat (p= 0,022) dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Klinik Hariantary Medan Helvetia. Sedangkan pelayanan administrasi (p= 0,136), ketersediaan sarana dan prasarana (p= 0,957) dan lingkungan fisik (p=0,145) tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Klinik Hariantary Medan Helvetia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar